Standarisasi Fumigasi Pallet Kayu (Wooden Pallet)

Apa yang dimaksud dengan fumigasi? Fumigasi sutau proses dalam bentuk karantina dengan tujuan untuk mencegah adanya penyebaran atau menetapnya suatu optik pada suatu wilayah dan area. Proses ini biasa di sebut dengan quarantine treatment dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan karantina atau perundang undangan negara tujuan ekspor jika di lakukan pada pre shipping treatment. Proses fumigasi ini dapat menggunakan beberapa media sebagai sarana treatmen, salah satunya adalah pallet kayu. Pallet kayu itu sendiri merupakan sebuah susunan dari kayu-kayu yang berfungsi sebagai media untuk pengangkutan barang di berbagai perusahaan industri. Pallet kayu diproduksi dari beragam bahan baku misalnya kayu murni, triplex maupun multiplex. Namun, proses fumigasi pallet kayu ini wajib mendapatkan perlakuan sesuai dengan peraturan ISPM 15 agar mencegah penyebaran hama seperti serangga, jamur, dan rayap yang umumnya terdapat pada kayu saat berada di posisi shipment.

Perlakuan Panas (Heat Treatment) dan Perlakuan ISPM 15 (Fumigation Treatment)

Heat treatment ini merupakan sebuah ketentuan perlakuan panas yang telah ditetapkan dalam ketentuan standar Internasional terhadap kemasan kayu mentah. Peraturan ISPM No.15 ini dijadikan sebagai landasan dasar terhadap proses heat treatment dengan cara di panaskan hingga kayu bersuhu 56 derajat celcius selama 30 menit.

Jasa Fumigasi pallet kayu ini dilakukan untuk semua kemasan kayu atau beberapa barang lainnya dengan tujuan untuk membunuh hama seperti serangga hama, rayap dan lainnya. Pada umumnya, proses fumigasi dapat dilakukan selama 24 jam dan menggunakan suhu yang tidak kurang dari 10 derajat Celcius dengan konsentrasi pemantauan pada 24 jam. Hal ini sesuai dengan aturan ISPM 15 dan AQIS (Australia Karantina dan Inspeksi Service), yang di Indonesia dikenal sebagai AFASID (Skema Audit Fumigasi Australia untuk Indonesia).Palet kayu umumnya terbuat dari berbagai macam bahan kayu seperti campuran kayu keras, Kayu Albasia, Triplex, Multiplex, dan lain sebagainya. Pallet kayu juga bisa menggunakan berbagai macam bahan dari campuran dari bahan-bahan tersebut.