Mengenal Juvenile Dermatomyositis Bagian 2

Karena peradangan otot ini dapat terjadi pada area leher dan pita suara, penderita juga dapat mengalami disfonia yakni kehilangan suara dan kesulitan menelan. Selain itu muncul gejala demam, kelelahan, nyeri perut, dan penurunan berat badan. Namun demikian, tidak ada laporan kalau sistem saraf pusat seperti otak terpengaruh.

Kemampuan Motorik Menurun

Gejala-gejala yang muncul pada anak saat terserang JDM bervariasi. Terkadang gejala berupa gangguan pada otot tidak muncul. Atau muncul tetapi butuh waktu berbulan-bulan untuk dapat dikenali sebagai JDM. Umumnya yang paling mengkhawatirkan para orangtua adalah kemampuan motorik anak yang menurun.

Penegakkan diagnosis biasanya diawali dengan memeriksa kelemahan otot lengan dan tungkai, ruam kulit dengan pola khas, dan pemeriksaan enzim otot di laboratorium. Bila perlu dilakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan biopsi otot. Pemeriksaan lain yang lebih mudah dilakukan adalah dengan mengukur fungsi otot dengan elektromiogram.

Pengobatan Cukup Lama

Jika terdiagnosis JDM, perlu dilakukan pengobatan, yang waktunya cukup lama. Pertama, dilakukan pemberian obat jenis steroid, (prednison oral, misalnya) dilakukan selama beberapa minggu untuk mengontrol penyakit. Setelah terkendali, steroid oral diturunkan secara bertahap untuk meminimalkan efek samping.

Sebab pemberian obat juga memiliki efek samping yang merugikan seperti kegemukan, wajah bulan (moon face), kulit tipis dan penipisan tulang. Selama penurunan pemberian steroid kondisi anak terus dipantau apakah mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik atau tidak. Pemeriksaan laboratorium terus dilakukan secara berkala. Pada saat awal sebelum pemberian steroid, dapat juga diberikan pengobatan dengan imunoglobulin intravena (IVIG).

Pengobatan ini kerap digunakan di luar negeri. Sementara untuk menurunkan respons autoimun diberikan obat lain seperti obat antimalaria seperti hydroxychloroquine (Plaquenil), penekan respons imun seperti metotreksat, selain juga diberikan krim steroid topikal (hidrokortison), dan krim antiinĀ­ amasi seperti tacrolimus yang terbukti efektif.

Kulit kering disebabkan oleh ruam dapat diatasi dengan aplikasi secara teratur tabir surya atau krim pelembap. Kebanyakan pasien JDM sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga ruam bisa saja menjadi lebih lama hilang. Karena itu setiap kali ingin keluar rumah, penderita akan disarankan mengoleskan tabir surya ke kulitnya terlebih dulu. Agar hidup baik dan berkualitas baca informasi di situs gaya hidup sehat sehingga semakin banyak pengetahuan.