Tips Cara Membedakan Beras Asli dan Palsu

Belakangan ini kita digemparkan dengan berbagai fenomenal terkait permasalahan bahan konsumsi pokok yang di palsukan. Salah satu bahan pokok sehari hari yang dapat buat dalam bentuk palsu ini adalah beras. Beras merupakan bahan pokok kebutuhan masyarakat yang sangat penting.

Hal ini menyebabkan permintaan perhadap beras begitu tinggi. Bagi oknum oknum yang tidak ber tanggung jawab dan ingin meraup keuntungan sebesar besar nya mereka tidak segan untuk berbuat curang, salah satunya dengan memalsukan beras tersebut. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi beras sebagai makanan utama perlu hati hati. Adapun cara membedakan beras asli dan palsu perlu Anda ketahui.

Beras palsu di buat dari bahan dasar pembuatan karet sintesis dan apabila di masak, maka bau yang dikeluarkan tidak se khas bau beras asli. Beras palsu ini sudah beredar luas di pasaran. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Cara membedakan beras asli dan palsu

Sambil ngobrol santai, pahami beberapa poin poin penting dari pembahasan berikut mengenai cara membedakan beras asli maupun palsu. Sehingga anda tidak akan salah lagi nantinya dalam membedakannya.

Beras asli:

  • Beras asli tampak bening dan pada ujung beras memiliki warna putih susu
  • Teksturnya kasar saat di pegang
  • Menyerap air ketika di masak
  • Tekstur menjadi lembut saat dimasukkan ke penanak nasi
  • Aroma yang di hasilkan harum
  • Ada rasa manis saat di makan, karena unsur glukosa di dalamnya.

jadi pada dasarnya, beras asli ini memiliki tekstur yang gak kasar dan warnanya gak bening banget. Justru jika bening sekali dan halus itu bisa jadi dari plastik yang memang diedarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. selain itu, aroma yang dihasilkan pun khas beras, yakni wangi wangi beras yang tidak menyengat dan agak bau-bau manis saat dicium.

untuk itulah kami menghimbau kepada anda semuanya, pastikan membeli beras di toko resmi dan terpercaya. Terlebih bila membeli secara online di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada. Kalau saya sendiri sering membeli dari Tokofora yang memang telah terjamin kualitasnya. terlebih untuk beras organik yang mudah sekali dipalsukan. Di Tokofora tentunya memiliki kualitas beras organik maupun non organik yang murah dan terjamin keasliannya.

Beras palsu:

  • Warnya hanya bening
  • Teksturnya halus dan lembut
  • Mengeluarkan cairan mengambang saat dimasak
  • Menjadi lembek saat dimasukkan ke penanak nasi dan menjadi keras saat dikeluarkan dari penanak nasi
  • Aroma yang dikeluarkan tajam karena bau obat obatan kimia.

Demikian cara membedakan beras asli dan palsu yang di informasikan untuk Anda. Meski pada dasarnya sulit untuk membedakan, Anda tetap bias mengenalinya melalui aroma khas dari nasi itu sendiri saat di masak. Waspada terhadap apa yang Anda konsumsi ini dapat membuat Anda terhindar dari resiko terkena penyakit yang berbahaya.

Mulai sayangi keluarga sekitar Anda dengan memperhatikan lebih jauh mengenai bahan makanan Apa yang Anda konsumsi.