Kerennya Sugarlive, Aplikasi Live Streaming Lokal Tanpa Konten Negatif

Kerennya Sugarlive, Aplikasi Live Streaming Lokal Tanpa Konten Negatif! Kemajuan teknologi sudah tidak terbatas lagi, termasuk dalam hal berkomunikasi. Jika zaman dulu, manusia berkomunikasi dengan saling berkirim pesan melalui surat, kemudian berkembang dengan adanya handphone yang memiliki fitur melakukan panggilan dan berkirim pesan singkat. Kemudian dengan semakin meluasnya internet, berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat dengan adanya surat elektronik dan beberapa aplikasi percakapan dalam ponsel yang bisa dijalankan dengan bantuan jaringan internet.

sugarlive - aplikasi karya anak bangsa
(sumber gambar : indiatimes)

Saat ini berkomunikasi melalui aplikasi tidak hanya berupa tulisan. Kegiatan tersebut semakin berkembang karena kini manusia telah bisa saling berbagi foto dan video dengan sangat mudah. Bahkan kini telah muncul aplikasi live streaming yang tak hanya berguna sebagai alat komunikasi namun juga berfungsi sebagai hiburan. Indonesia memiliki satu aplikasi live streaming video yang tak kalah keren dari aplikasi buatan negara asing, yang diberi nama Sugarlive.

Sugarlive merupakan aplikasi karya anak bangsa Indonesia yang dibuat dengan tujuan menghadirkan hiburan yang sesuai nilai budaya Indonesia. Petualangan kuliner, penyanyi dan penari yang hebat, tips & trik kecantikan ala tradisional, pengalaman paranormal ala Indonesia merupakan beberapa kategori khas Indonesia yang bisa kita temui pada aplikasi ini. Anda tidak hanya bisa menonton melainkan juga bisa berkontribusi sebagai broadcaster yang bisa melakukan live stream dan menciptakan konten unik lainnya untuk mendapatkan respon dari penonton.

sugarlive - aplikasi karya anak bangsa
Sugarlive – Aplikasi Karya Anak Bangsa

Fitur-fitur di aplikasi Sugarlive ini sangat mendukung penggunanya untuk menjadi kreatif. Ada fitur “Tunjukkan Bakatmu”, tempat di mana pengguna dapat membagikan konten hasil ciptaannya. Ada juga fitur “Gift” yang memungkinkan pengguna untuk memberikan gift dengan tema kearifan lokal Indonesia, yang dilengkapi dengan animasi-animasi yang menarik. Yang lebih menarik lagi, tiap hari, tiap minggu, dan tiap bulan Sugar akan mengadakan spesial event. Para broadcaster harus menyelesaikan tantangan untuk menang, sementara para penonton dapat memberikan kontribusi untuk membantu broadcaster favorit mereka agar menang.

Satu lagi yang paling membuat aplikasi Sugar live ini beda dari aplikasi live video serupa adalah adanya filter untuk konten negatif. Selama 24 jam, admin Sugar akan terus melakukan monitoring, berlaku sebagai room moderator, dan melakukan blocked profanity words pada konten terlarang. Sehingga menggunakan aplikasi karya anak bangsa ini akan terbebas dari kekhawatiran akan pengaruh konten negatif, baik itu berupa kekerasan maupun konten dewasa.

Gula atau Sugar merupakan penambah rasa agar keseluruhan rasa bisa pas, enak untuk dinikmati. Begitupun juga harapan untuk aplikasi Sugarlive ini, agar menjadi wadah bagi para kreatif Indonesia untuk menyajikan hiburan dan social network yang pas terutama bagi generasi muda. Lebih lanjut lagi, aplikasi live streaming pertama dari Indonesia ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan ruang lebih luas untuk semakin memperkenalkan budaya Indonesia tidak hanya di Indonesia sendiri, namun juga hingga ke negara lain.

Aplikasi karya anak bangsa yang menggunakan gambar kepala kelinci sebagai ikonnya ini diharapkan bisa menciptakan kepekaan. Kelinci yang merupakan binatang kecil mungkin saja kalah dengan binatang yang lebih besar. Namun telinga panjangnya bisa lebih peka. Begitupun juga Sugarlive yang diharapkan menjadi peka terhadap konten-konten asli Indonesia yang sesuai dengan minat masyarakat. Tak hanya itu, meskipun Sugarlive lebih menonjolkan kekhasan Indonesia, namun hal itu dilakukan agar Indonesia semakin terkenal di mata dunia dan pantas bersanding dengan aplikasi serupa yang telah lebih dulu populer.