Kubis—Sayuran Bermanfaat yang Dapat Melindungi Anda Dari Kanker

Kubis adalah anggota sayuran keluarga cruciferous, yang terkenal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sangat rendah kalori (secangkir kubis hijau mentah yang dipotong mengandung sedikit kalori), kubis yang sering kita temui di pasar adalah sumber vitamin C yang berlimpah (dengan 33 mg per cangkirnya). Kubis merah mengandung hampir dua kali lebih banyak vitamin C, sedangkan kubis hijau mengandung dua kali lebih banyak folat dari kubis merah; Kubis merah dan hijau mengandung kalium dan serat. Ada juga kubis jenis Savoy, kubis jenis ini merupakan sumber beta karoten yang bagus.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Membantu mencegah kanker kolon. Orang yang mengonsumsi kubis dalam porsi besar memiliki kemungkinan terkena kanker kolon yang rendah. Kubis mengandung bioflavonoids dan bahan kimia tanaman yang mampu menghambat pertumbuhan tumor dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Melindung dari kanker payudara. Kubis mengandung sulporaphane, yang memiliki khasiat antikanker yang manjur. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan kubis paling banyak dan keluarga cruciferous lainnya, seperti brokoli dan brussels sprout, memiliki risiko kanker payudara 45% lebih rendah daripada wanita yang hanya sedikit makan makanan tsb. Bahan kimia lain di kubis juga mempercepat metabolisme estrogen tubuh, hormon yang dalam jumlah tinggi dikaitkan dengan kanker payudara.

Membantu mencegah kanker pada sistem reproduksi wanita. Bahan kimia yang mempercepat metabolisme estrogen juga ternyata dapat melindungi dari kanker rahim dan ovarium. Yang menariknya adalah indole 3-carbinol, komponen ini dalam penelitian hewan diketahui dapat mengurangi risiko kanker.

Membantu melindungi dan mengatasi diabetes. Kubis merah kaya akan pigmen alami yang disebut anthocyanin, yang menurut penelitian baru-baru ini dapat membantu meningkatkan produksi insulin dan menurunkan kadar gula darah. Kandungan seratnya yang tinggi dan kalorinya yang rendah membuat kubis rendah glikemik, apalagi jika dihidangkan dengan cuka, yang bisa membantu mengelola diabetes.

Membantu Anda untuk diet. Kubis bisa membuat Anda kenyang, tapi menariknya kubis tidak mengandung banyak kalori.

Risikonya Untuk Kesehatan

Perut kembung dan bergas. Kubis mengandung bakteri yang hidup secara alami dalam saluran usus yang dapat menyebabkan gas dan perut kembung. Hindari kubis jika Anda mempunyai kondisi gastrointestinal seperti penyakit crohn atau kolitis ulserativa dan jika bisa memicu peradangan.

Beberapa hidangan kubis bisa tinggi kalori atau garam. Bilas asinan kubis sebelum dipanaskan, cara ini bertujuan untuk menghilangkan kelebihan sodium. Saat menyiapkan selada kubis sendiri, kurangi kalori dengan menggunakan yogurt rendah lemak, cuka, dan minyak.

Hidangan tertentu dapat mengandung sulfit. Sulfit sering digunakan untuk menjaga warna kubis; penderita asma atau orang yang alergi terhadap sulfit harus memeriksa label paket saat membeli kubis.

Sumber